Jumat, 11 Mei 2012

4 Hal Yang Baik & Buruk Untuk Bumi Kita


Apakah sobat  mulai merasa bahwa panasnya terik matahari di kota Semarang kini terasa sangat menyengat? Jika ya, maka inilah saaatnya kita melakukan perubahan. Sebenarnya banyak hal sepele yang bisa kita lakukan, yang bisa berdampak besar pada pelestarian lingkungan guna mengurangi global warming. Hal ini bisa kita singkat menjadi 3M! Yaitu

Mulailah dari yang kecil, Mulailah dari diri sendiri, dan Mulailah dari sekarang. Berikut ini akan dibahas apa yang harus kamu lakukan


Do :


1. Buang sampah pada tempatnya dan jangan membakar sampah. Pisahkan sampah organik (bisa jadi pupuk), plastik (bisa dijual kembali lho), dan sampah kertas (bisa didaur ulang). 

2. Tanamkan di pikiran kita kuat-kuat, bahwa setiap selembar kertas senilai dengan menebang sebatang pohon. Maka gunakan kertas secara efektif. Biasakan print out bolak-balik pada setiap kertas, atau gunakanlah kertas bekas yang dibaliknya masih kosong ketika nge-print yang tidak terlalu penting.

3. Gunakan sepeda atau jalan kaki untuk perjalanan yang dekat. Selain sehat, kita juga bisa mengurangi emisi gas buang. Atau kita bisa sekali-kali menggunakan kendaraan umum.






4. Matikan lampu, AC, TV, charger dan peralatan elektronik lain yang tidak digunakan. Matikan tidak hanya pada jam beban puncak pemakaian listrik, namun jadikan hal ini sebagai rutinitas.



Don’t :

1. Jangan menggunakan kantong plastik ketika berbelanja. Usahakan selalu membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari bahan kain.




2. Jangan menggunakan kertas tisu, gantilah dengan sapu tangan. Karena tisu berasal dari pohon serta tidak dapat didaur ulang lagi

3. Jangan menggunakan deodorant dan parfum aerosol. Pilihlah produk spray dengan kemasan botol kaca.

4. Jangan membuang sisa makanan! Membuang sisa makanan ke bak sampah menimbulkan gas metan, yang jika tidak ditampung dengan baik gas ini menimbulkan efek terhadap rumah kaca lebih besar dibandingkan dengan CO2. Maka, habiskanlah makananmu, karena orang yang senang memubadzirkan makanannya, adalah temannya setan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar